Senin, 28 Februari 2011

Tugas Psikologi Lingkungan….

1.Apa yg dimaksud dengan transactional interdependency antara manusia dengan lingkungannya?
Menurut Gifford mendefinisikan psikologi lingkungan sebagai suatu studi dari suatu transaksi di antara individu dengan setting fisiknya. Dalam transaksi itu individu mengubah lingkungannya dan sebaliknya perilaku serta pengalaman individu itu di ubah oleh lingkungan.
Menurut Emery and Tryst melihat bahwa hubungan antara manusia dengan lingkungannya merupakan suatu jalinan transactional interdependency atau terjadi ketergantungan satu sama lain. Hal yang serupa dengan pendapat Gifford yaitu manusia mempengaruhi lingkungannya dan lingkungan akan mempengaruhi manusia, dan sebaliknya.

2.Mengapa psikologi lingkungan memerlukan pendekatan dari berbagai disiplin ilmu?
Dalam penelitiannya ahli psikologi lingkungan menggunakan perspektif interdisipliner. Disiplin yang digunakan adalah meteorology dan geofisika, fisika, kimia, arsitektur dan biologi.
Jadi psikologi lingkungan adalah ilmu perilaku multidisiplin yang memiliki orientasi dasar dan terapan, yang memfokuskan interrelasi antara perilaku dan pengalaman manusia sebagai individu dengan lingkungan fisik dan lingkungan social.

3.Perbedaan dalam hal apakah dibedakannya ambient condition dan Architectural Features?
1.Ambient Condition
Kualitas fisik dari keadaan yang mengelilingi individu seperti suara, cahaya, warna, kualitas udara, tempratur, dan kelembapan.
2.Architectural Features
Di dalamnya terdapat seting-seting yang bersifat permanen. Misalnya dalam suatu ruangan, yang termasuk di dalamnya antara lain konfigurasi dinding, lantai, atap, serta pengaturan perabotan dan dekorasi.

4.Jelaskan apa yang dimaksud dengan setting perilaku dengan memberi contoh kehidupan sehari-hari?
Teori Medan merupakan salah satu langkah awal dari teori yang mempertimbangkan interaksi antara lingkungan dengan manusia. Lewin juga mengatakan bahwa tingkah laku adalah fungsi dari kepribadian dan lingkungan, sehingga dapat diformulasikan menjadi :

T L= f(P.L)

Keterangan :
TL = tingkah laku P = pribadi
f = fungsi L = lingkungan

5.Untuk meneliti perbedaan perilaku yang terjadi pada ruang kelas yang memiliki kapasitas 30 orang dan 100 orang, maka metode yang dipakai adalah metode Studi korelasi.
Menurut Veitch dan Arkkelin, jika seorang peneliti ingin memastikan tingkat validitas eksternal yang tinggi, maka peneliti tersebut menggunakan variasi-variasi dari metode korelasi. Studi ini dirancang untuk menyediakan informasi-informasi tentang hubungan-hubungan antara hal atau peristiwa yang terjadi di alam nyata yang tidak dibebani oleh pengaruh pengumpulan data.

6.Apa pengaruh estetika pada individu dalam seting kota?
Ada 2 hal mengenai pengetahuan estetika, yaitu :
1.Identifikasi dan pengetahuan mengenai factor-faktor yang mempengaruhi persepsi dari suatu objekatau suatu proses keindahan atau pengalaman yang menyenangkan.
2.Untuk mengetahui kemampuan manusia dalam menciptakan dan menikmati karya.
Menurut Spreanger ada 6 kategori orientasi hidup, dimana nilai estetis merupakan salah satu dari nilai ekonomi, nilai kekuasaan, nilai social, nilai religious, dan nilai intelektual.

7.Dalam suatu kamar asrama, akan berakibat apakah satu ruangan yg ditambah perabotan secara terus-menerus?
Pengaturan perabot dalam ruang akan mempengaruhi cara orang mempersepsi ruang tersebut.
Imamoglo mengatakan bahwa ruangan yang kosong dipersepsikan lebih besar daripadaruangan dengan perabot. Imamoglu melakukan penelitian dan meminta subjek untuk mengevaluasi kelemahan ruang pada ruang percobaan dan memberikan perkiraan tentang perbandingan ukuran pada suatu perabotan ruang kantor. Ruang tersebut disajikan dengan 3 kondisi yang berbeda, yaitu kosong, dengan perabotan jumlah normal dan perabotan dengan jumlah yang penuh. Jumlah perabotan dijadikan sebagai variable bebas. Hipotesis tersebut mengatakan bahwa ketika perabotan diletakkan dalam satu ruang, maka ruang akan terlihat lebih kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar