Jumat, 30 September 2011

Psikologi Teknologi Internet

1. Sejarah Internet?

Internet adalah suatu jaringan komputer global terbentuk dari jaringan-jaringan komputer local dan regional, memungkinkan komunikasi data antar komputer-komputer yang terhubung ke jaringan tersebut.

Internet awalnya merupakan suatu rencana dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Development od Defense) pada sekitar tahun 1960-an. Dimulai dari suatu proyek yang dinamakan ARPANET atau Advanced Research Projects Agency Network.

Beberapa universitas di Amerika Serikat diantaranya UCLA, Stanford, UC Santa Barbara dan University of Utah, diminta bantuan dalam mengerjakan proyek ini dan pada awalnya telah berhasil menghubungkan 4 komputer di lokasi Universitas yang berbeda tersebut.

Perkembangan ARPANET ini cukup pesat jika dilihat perkembangan computer pada saat itu. Sebagai gambarannya pada tahun 1977, ARPANET telah menghubungkan lebih dari 100 mainframe computer dan pada saat ini terdapat sekitar 4 juta host jaringan yang terhubung pada jaringan ini.

Jumlah sebenarnya dari computer yang tidak terhubung tidak dapat diketahui dengan pasti, karena perkembangan jumlah computer yang terhubung dengan suatu jaringan semakin lama semakin besar.

Karena perkembangannnya sangat pesat, jaringan computer ini tidak dapat lagi disebut sebagai ARPANET karena semakin banyak computer dan jaringan-jaringan regional yang terhubung. Konsep ini yang kemudian berkembang dan dikenal sebagai konsep Internetworking. Oleh karena itu istilah internet menjadi semakin popular dan orang yang menyebut jaringan besar computer tersebut dengan istilah internet.


2. Apa yang anda ketahui tentang:

a. Bandwith

Dalam system komunikasi data computer ini dikenal dengan istilah Bandwith atau kecepatan transmisi data, dalam satuan bit per detik. Semakin besar bandwith maka semakin cepat transmisi datanya. Contoh untuk komunikasi data dengan jaringan Ethernet mempunyai kecepatan 10-100 Mbps,modem telepon mempunyai beberapa jenis dengan kecepatantarnsmisi mulai dari 14,4 Kbps – 56 Kbps, leased line, microwave radio, satellite dapat mempunyai kecepatan transmisi yang lebih besar lagi. Misalnya Universitas Gunadarma menggunakan leased line dengan bandwith 2 Mbps. Dengan perkataan lain, semakin besar bandwith , maka semakin cepat transmisi data yang dapat dilakukan antara kedua lokasi computer tersebut.

Perlu diingat bahwa semakin besar bandwith, maka semakin besar biaya yang harus dikeluarkan, karena tariff sewa bandwith tidak bisa dibilang murah. Sebagai gambaran yang paling sederhana adalah jika kita menggunkan saluran telepon sebgai media komunikasi, maka bandwith yang mungkin adalah sebesar bandwith modem yang digunakan, tariff biaya sewanya adalah sama dengan tarif menggunkan telepon local selama waktu yang digunakan untuk koneksi.

b. Internet Service Provider (ISP)

Online services atau yang disini lebih dikeal dengan sebutan Internet Service Provider (ISP) adalah suatu perusahaan atau badan baik pemerintah maupun swasta yang dapat memberikan fasilitas layanan koneksi ke jaringan internet bagi jaringan yang terhubung kepadanya.

ISP yang ada saat ini dapat berupa ISP tertutup dan ISP ynag bersifat umum. ISP yang bersifat tertutup adalah lembaga ataua badan yang hanya melayani atau dapat memberikan fasilitas jaringan internet kepada jaringan local dari lembaga atau badan tersebut.

Contohnya terdapat pada beberapa departemen pemerintahan, lembaga penelitian, perusahaan atau lembaga pendidikan seperti Universitas Gunadarma. Pemakai dan computer yang terhubung ke ISP ini biasanya terbatas.


Selain dari pada itu, saat ini telah banyak terdapat ISP yang bersifat umum atau yang dapat memberikan layanan kepada masyarakat luas baik pribadi maupun lembaga yang ingin terkoneksi dengan jaringan internet. ISP jenis ini bersifat komersial, yaitu menjual jasa layanan koneksi dengan jaringan internet. Saat ini telah cukup banyak ISP seperti ini, contohnya adalah CBNNet, RadNet, D-Net, TelkomNet, WasantaraNet, LinkNet dan sebagainya.

Tidak semua ISP ini mempunyai hubungan langsung dengan jaringan internet diluar negeri atau umumnya Amerika Serikat kerena memang disana jaringan internet awalnya dan berkembang sangat pesat. Hanya ISP yang besar yang mempunyai hubungan langsung, kerena memang biaya koneksi langsung ke luar negeri ini cukup mahal.

Umumnya ISP-ISP kecil akan terhubung dengan ISP besar, begitu juga halnya dengan perusahaan atau badan kemudian menjadi ISP yang bersifat tertutup. Contohnya disini adalah Universitas Gunadarma sendiri. Universitas Gunadarma disini menjadi ISP yang bersifat tertutup dimana hanya dapat melayani pemakai dalam lingkungan universitas saja, tidak melayani untuk umum. Universitas Gunadarma sebagai ISP tidak mempunyai hubungan langsung dengan jaringan internet di luar negri melainkan terkoneksi dengan ISP lain yang dalam hal ini adalah TelkomNet. Dengan cara ini akan menekan biaya yang cukup besar karena koneksi yang digunakan bersifat local.

Hubungan dengan ISP
Sebagai masyarakat umum yang ingin terkoneksi dengan jaringan internet saat ini dimungkinkan dengan cara menjadi anggota dari salah satu Internet Service Provider. Untuk menjadi anggota ISP pada saat ini tidak harus membayar, dengan booming-nya internet ada ISP yang menyediakan layanan koneksi gratis, contohnya LinkNet. Menjadi anggota dari ISP berarti dapat mempunyai fasilitas untuk terkoneksi dengan jaringan ISP dan juga terkoneksi dengan jaringan internet.

Ada banyak cara untuk terhubung dengan ISP. Biasaya untuk menghubungkan computer diperlukan suatu jaringan. Seperti yang sudah diterangkan di atas yang penting protocol yang digunakan adalah TCP/IP.
Media yang biasa digunakan dalam berhubungan dengan ISP :
1. Teknologi jaringan
2. Kabel telepon (PSTN)
3. DSL, ISDN, VSAT, dan lain-lain.
Umumnya ISP menyediakan fasilitas hubungan yang paling mudah digunakan adalah jaringan telepon. Untuk menghubungkan computer dengan computer lain yang dalam hai ini adalah computer pada ISP dengan menggunakan media jaringan telepon, diperlukan beberapa peralatan tambahan untuk memungkinkan koneksi. Karena jaringan telepon adalah ditunjukkan komunikasi suara yang dalam hal ini adalah sinyal analog, sedangkan sinyal computer menggunakan sinyal digital, untuk itu perlu suatu alat untuk mengkonversikan kedua sinyal tersebut. Alat itu adalah modem.
Untuk komunikasi computer dengan modem itu dibutuhkan pula protocol komunikasi, dalam hal ini ada beberapa protol yang dapat digunakan seperti PPP (Point to Point Protocol), SLIP (Serial Line Internet Protocol), PLIP (Parallel Line Internet Protocol) dan sebagainya. Diatas protocol tersebut digunakan protocol TCP/IP untuk koneksi dengan internet.


c. File Transfer Protocol (FTP)

Untuk dapat mengirimkan dan mengambil data yang disimpan dalam bentuk file, digunakan aplikasi FTP antara pemakai dengan suatu FTP server. Dengan adanya aplikasi ini, di mungkinkan untuk upload dan download data dalam format data berbentuk file seperti misalnya data aplikasi, gambar, database dan sebagainya.

Oleh Martha Noviani Caroline
Kelas 3PA03
NPM: 10508130
Sumber : Pengantar Internet
Lembaga Pengembangan Komputerisasi
Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar