Jumat, 11 Desember 2009

Keberbakatan

Konsep Renzulli tentang keberbakatan

3 Ciri pokok kriteria keberbakatan atau “Three Ring Conception” ialah keterkaitan antara :
1. Kemampuan Umum diatas rata-rata (Intelegensi)
Kecerdasan dan kecakapan diukur dengan tes prestasi belajar yang menentukan keberbakatan dan produktifitas kreatif seseorang.
Menurut Terman, intelegensi tinggi tidak sinonim dengan k keberbakatan.
Menurut Wallach : Skor tertinggi tes akademis belum tentu mencerminkan potensi untuk kinerja kreatif atau produktif.

2. Kreativitas diatas rata-rata
Kemampuan umum menciptakan sesuatu yang baru, kemampuan untuk memberi gagasan-gagasan baru untuk dapat diterapkan dalam pemecahan masalah, atau kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan baru antara unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya.

3. Pengikatan Diri terhadap tugas
Bentuk motivasi internal, mendorong seseorang untuk tekun dan ulet mengerjakan tugasnya, meskipun banyak rintangan atau hambatan, menyelesaikan tugas menjadi tanggung jawabnya, karena telah mengikatkan diri terhadap tugas atas kehendak sendiri.
Motivasi intrinsic dan kapasitas untuk bekerja merupakan kondisi untuk mencapai prestasi yang unggul.

Manfaat : Keterkaitan antara tiga kelompok ciri syarat keberbakatan,
yaitu kemampuan umum, kreativitas dan motivasi (pengikatan diri terhadap tugas).





Unsur pokok kurikulum berdiferensiasi untuk siswa berbakat :
1. Materi (konten) yang dipercepat atau lebih maju.
2. Pemahaman lebih majemuk dari generalisasi, asas, teori, dan struktur di bidang materi
3. Bekerja dengan konsep dan proses pemikiran yang abstrak.
4. Tingkat dan jenis sumber yan digunakan untuk memperoleh informasi dan keterampilan.
5. Waktu belajar untuk tugas rutin dipercepat dan waktu mendalami topic atau bidang lebih lama.
6. Menciptakan informasi atau produk baru.
7. Memindahkan pembelajaran ke bidang-bidang yang lebih menantang.
8. Kemandirian dalam berpikir dan belajar.

6 Perilaku kognitif Taksonomi Bloom, yaitu :

No. Tingkat Keterampilan Contoh pertanyaan atau kegiatan
1. Pengetahuan Menghafal
Mengingat Apa lambing kimia uuk air?
2. Pemahaman Menerjemahkan
Menghubungkan
Menafsirkan Ubahlah ukuran 1 meter ke dalam satuan cm!
Ceritakan cerita putrid salju dengan kata-katamu sendiri!
3. Penerapan Menerapkan
Mempertunjukkan
Menggunakan informasi dalam situasi baru Jika John mempunyai 4 duku dan ani 2, berapa banyak duku mereka bersama?
4. Analisis Mengkategorikan
Mengklasifikasikan
Memotong, Membedah Buatlah peta cuaca untuk bulan desember!
Butir-butir mana dari daftar ini merupakan suatu kelompok?
5. Sintesis Mengembangkan
Merancang
Mencipta Buatlah akhiran baru untuk cerita ini!
Rancanglah logo kelasmu!
6. Evaluasi Mempertimbangkan
Memutuskan
Menyarankan Bagaimana kita dapat meningkatkan jurnal kelas?
Bagaimana pendapatmu tentang prestasimu tahun ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar