Rabu, 11 Mei 2011

Makanan untuk Si Melankolis

Selain faktor kepribadian, perasaan melankolis ternyata berkaitan erat dengan defisiensi beberapa zat gizi, terutama vitamin B khususnya vitamin B6, C, selenium, dan asam amino triptofan. Keterbatasan asupan zat gizi tersebut menggagalkan produksi zat penghantar dalam sel otak (neurotransmitter), diantaranya serotonin, dopamin, dan norepinefin. Gejala melankolis seperti suka melamun, sulit tidur, mudah tersinggung, dan merasa terkucil, muncul akibat konsentrasi serotonin yang rendah.

Perasaan melankolis dan sendu mendayu kalbu juga menguras simpanan triptofan dalam darah. Triptofan diperlukan untuk pembentukan neurotransmitter serotonin, yang berperan memperbaiki suasana hati (mood). Semakin terbatasnya triptofan, jika tidak diimbangi dengan asupan yang memadai, akan semakin memperparah keadaan. Untuk itu, mengonsumsi makanan kaya triptofan amat disarankan.

Beras merah
Santapan kaya karbohidrat kompleks dan asam amino triptofan, seperti beras merah, sangat menguntungkan bagi penyerapan triptofan. Karbohidrat kompleks meningkatkan efisiensi penyerapan triptofan. Beras merah unggul dalam kandungan karbohidrat kompleks dan asam amino triptofan dibandingkan bahan makanan karbohidrat kompleks lainnya. Karbohidrat kompleks dan triptofan berperan menggenjot kerja serotonin di dalam otak. Dengan begitu sel saraf lebih relaks dan perasaan pun menjadi lebih santai.

Tempe
Si melankolis umumnya mengalami defisiensi vitamin B, khususnya asam folat. Asam folat mengendalikan kadar homosistein, zat yang berkaitan dengan munculnya depresi dan persepsi berlebihan dalam diri orang yang berperilaku melankolis. Tempe bisa membantu memenuhi kebutuhan asam folat bagi si melankolis. Makanan olahan kedelai lainnya juga bisa membantu seperti tahu, susu kedelai.

Alpukat
Buah yang rasanya gurih ini berlimpah magnesium. Mengasup makanan mengandung magnesium bisa membantu mengurangi gelaja depresi, dengan cara membuat otot lebih relaks.

Ikan tuna
Vitamin B, diantaranya niasin, merupakan zat gizi yang paling dianjurkan untuk menanggulangi depresi dan perasaan melankolis. Salah satu makanan yang berlimpah niasin adalah ikan tuna. Niasin membantu mengubah perasaan cemas dan panik menjadi nyaman. Selain itu, niasin diakui dapat membangun suasana hati.

Bayam
Sayuran hijau ini kaya vitamin B6 yang berperan dalam penyembuhan gangguan sistem saraf. Selain membantu mengatasi perasaan melankolis, vitamin B6 membantu memulihkan penyakit Alzheimer.

Jambu biji
Agar lebih mudah memutuskan jebakan perasaan melankolis, diperlukan vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C termasuk zat gizi yang banyak terkuras selama seseorang mengidap depresi dan dikejar perasaan melankolis.

Ikan kakap
Ikan kakap mengandung selenium yang dapat membantu menghilangkan perasaan kesepian, tak berguna, tak diterima oleh lingkungan, dan perasaan destruktif lainnya. Perasaan inilah yang seringkali dialami si melankolis. Selenium juga membantu meredakan hasrat marah-marah, uring-uringan, serta perasaan sensitif dan mudah tersinggung.

Salmon
Ikan laut dalam dengan daging berwarna merah ini mengandung asam lemak omega-3, yang berperan mengendalikan depresi dan perasaan melankolis.

Sumber: Buku Good Mood Food, oleh Wied Harry Apriadji (Gramedia Pustaka Utama)
Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar