Jumat, 08 Oktober 2010

PSIKOLOGI KELOMPOK DALAM PSIKOLOGI SOSIAL

Dalam membicarakan suatu masalah, kita sangat logis untuk mengetahui suatu masalahnya. Apa yang sebenarnya yang dimaksud dengan psikologi kelompok? Seperti yang telah kita ketahui, psikologi adalah ilmu tentang perilaku danh perilaku sebagai manifestasi kehidupan psikis. Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa psikologi kelompok merupakan ilmu yang berkaitan dengan perilaku kelompok.

Secara garis besar, ada psikologi umum dan khusus. Psikologi umum membucarakan hal-hal yang bersifat umum. Misalnya masalah berpikir dibicarakan secara umum atau masalah emosi dibicarakan secara umum. Hal-hal yang khusus dibicarakan dalam psikologi khusus. Misalnya, berpikir anak dibicarakan secara khusus dalam psikologi anak atau bagaimana emosi remaja dibicarakan dalam psikologi remaja. Salah satu psikologi khusus adalah Psikologi Sosial, yaitu psikologi yang bgerkaitan dengan perilaku manusia dalam situasi social. Situasi social adalah situasi dimana terdapat interaksi antara individu satu dengan individu yang lain. Dengan kata lain, Psikologi social merupakan ilmu yang berkaitan dengan interaksi manusia. Salah satu bagian psikologi social adalah Psikologi Kelompok. Psikologi Kelompok adalah ilmu yang berkaitan dengan perilaku kelompok. Psikologi kelompok memang membicarakan perilaku kelompok. Psikologi kelompok dapat pula disebut Dinamika Kelompok.

Saat membicarakan dinamika kelompok, orang tidak dapat melupakan nama Kurt Lewin. Kurt Lewin dapat disebut tkoh dalam dinamika kelompok. Kelompok pada umumnya menunjukkan keadaaan yang aktif, bersemangat, dan berubah, bersifat dinamis. Oleh karena itu, Psikologi Kelompok pun disebut Dinamika Kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar