Minggu, 21 November 2010

5 Fakta Unik Seputar Menstruasi

BAGI perempuan, masa haid bisa menjadi saat-saat yang menyebalkan sekaligus bisa menjadi keuntungan tersendiri pada beberapa situasi. Terkadang kita merasakan nyeri seperti kram perut, pusing, hingga mual, tapi masa haid juga bisa dijadikan alasan untuk pria mengapa kita bisa bertingkah menyebalkan. Di bawah ini lima fakta unik seputar masa haid yang selalu dialami perempuan setiap bulannya.

1. Minggu pertama masa menstruasi merupakan saat terbaik untuk diet.
Menurut studi yang dilakukan Universitas Tufts, pada hari-hari pertama menstruasi, hormon pencipta rasa lapar pada tubuh kita tengah berkurang sehingga asupan makan kita setidaknya telah berkurang sekitar 12 persennya. Maka itu, mengapa tidak kita manfaatkan waktu tersebut untuk melaksanakan diet?

2. Cobalah menghentikan kebiasaan merokok pada pertengahan masa menstruasi
Studi yang digelar Universitas Minnesota pada 2008 menunjukkan bahwa estrogen tenyata merupakan biang keladi atas rasa ketagihan terhadap suatu zat seperti nikotin. Pada pertengahan masa menstruasi, hormon estrogen pada perempuan tengah menurun sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk mencoba menghentikan kebiasaan merokok Anda.

3. Masa menstruasi bisa membuat lidah kaku
Menurut studi yang juga digelar di UniversitasMinnesota, hormon progesteron berpengaruh pada kemampuan verbal. Maka itu, jangan bingung bila Anda merasa sulit untuk berbicara atau menyusun kata-kata saat haid. Hormon ini juga bisa menyebabkan konstipasi dan kembung. Karena itu, cobalah untuk mengonsumsi banyak
air dan makanan berserat.

4. Sindrom pramenstruasi dapat menular
PMS atau sindrom pramenstruasi ternyata bisa menular. Contohnya saja, bila suami atau pasangan Anda juga terlihat moody pada saat Anda haid, ia kemungkinan telah tertular. "Meski sebenarnya dibutuhkan penelitian lebih lanjut, terdapat banyak bukti bahwa hormon testosteron yang berfluktuasi setiap bulannya juga
menimbulkan gejal mirip PMS pada pria," kata psikoterapis Jed Diamond, penulis buku bertajuk Male Menopause.

5. Anda dan sahabat dekat memiliki kemungkinan mengalami masa haid yang sama
Sahabat dekat atau teman sekamar mungkin akan mengalami masa haid yang sama dengan Anda. Menurut penjelasan para hali, hal itu disebabkan sinyal kimia pada tubuh seorang perempuan dapat ditangkap oleh tubuh perempuan lainnya.

Sumber : prita daneswari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar