Minggu, 21 November 2010

Jangan Terlalu Lama Simpan Makanan di “Freezer”

Freezer atau alat pembeku memang banyak manfaatnya, terutama ketika anda membeli makanan dalam jumlah besar untuk digunakan beberapa waktu ke depan. Tetapi berapa lama sebaiknya menyimpan makanan di dalam freezer?

Berikut beberapa panduan tentang berapa lama makanan sebaiknya disimpan di dalam freezer. Perlu diingat, semakin lama makanan disimpan di dalam freezer, kualitasnya pun menurun. Perhatikan juga batas kadaluarsanya.

Ini sejumlah contoh makanan dan batas penyimpanannya di freezer:

Bacon: 1-2 bulan
Roti: 2-3 bulan
Casseroles: 2-3 bulan
Daging sapi dan babi matang: 2-3 bulan
Daging unggas matang: 4 bulan
Adonan kue: 3 bulan
Buah-buahan: 8-12 bulan
Makan malam yang dibekukan: 3-4 bulan
Hot dog: 1-2 bulan
Sosis: 1-2 bulan
Sup dan makanan yang direbus: 2-3 bulan
Ayam mentah (potongan): 9 bulan
Ayam mentah (utuh): 1 tahun
Daging steak, potongan, atau panggan mentah: 4-12 bulan
Daging sapi giling mentah: 3-4 bulan
Sayuran: 8-12 bulan

Ada trik dasar untuk membekukan makanan. Lakukan secepatnya setelah dibeli atau dipanen karena kualitasnya akan lebih baik ketika dihilangkan kebekuannya. Ada juga beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dibekukan, seperti makanan kaleng.

Hal yang juga penting, khususnya bagi produk segar seperti sayur dan buah yang akan dibekukan yakni bersih serta kering. Beberapa orang memilih membekukan buah sudah dalam keadaan dilumuri gula atau sirup gula untuk mempertahankan tekstur dan rasa. Sedangkan untuk sayuran, ada baiknya dikukus atau rebus sebentar agar rasa, warna, dan teksturnya tahan lebih lama.

Cara membungkus termasuk penting saat membekukan makanan. Harus dipastikan kemasannya agar tidak pecah, robek, atau rusak. Akan lebih baik lagi jika anda memberi label sehingga dapat diketahui sudah berapa lama makanan tersebut dibekukan.


Sumber :Yahoo Green

Tidak ada komentar:

Posting Komentar