Kamis, 04 Maret 2010

7 Fakta Mengejutkan tentang Kolesterol


Diambil dari Health.com. Seperti kebanyakan orang, apabila kita memikirkan tentang kolesterol maka yang terbayang adalah makanan berlemak & bahaya penyakit jantung. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah memang merupakan masalah kesehatan yang banyak dialami oleh banyak orang saat ini. Selain hal tersebut ada beberapa fakta lain yang mungkin belum kita ketahui mengenai kolesterol, yaitu :

1. Kadar kolesterol yang tinggi tidak dapat dihindari bagi beberapa orang

Apabila kita mengalami kadar kolesterol yang tinggi, biasanya hal tersebut disebabkan karena faktor makanan, kurang olahraga dll. Tetapi bagi beberapa orang, kadar kolesterol mereka akan selalu berada di zona tidak sehat walaupun sudah menjaga makanan & berolahraga, hal ini karena mereka menderita penyakit familial hypercholesterolemia. Penyakit akibat keturunan ini dapat diderita oleh 1 dari 500 orang & dapat menyebabkan kadar kolesterol berkisar antara 300-600 mg/dl serta meningkatkan resiko terkena serangan jantung dini.

2. Kolesterol penyumbat pembuluh darah berbentuk seperti mentega

LDL (low density lipoprotein) dapat mengumpul di dinding pembuluh darah secara perlahan sehingga akan terbentuk plak tebal yang dapat mempersempit dinding pembuluh darah, menghalangi aliran darah sehingga terjadi penyumbatan di pembuluh darah. Pembuluh darah yang tersumbat akan kehilangan elastisitasnya, menjadi kaku & mulai berwarna kekuningan seperti kolesterol. Jika kita dapat melihat kedalam dinding pembuluh darah yang tersumbat tersebut, maka akan terlihat lapisan tebal seperti mentega beku yang merupakan kolesterol.

3. Kolesterol tinggi dapat terlihat

Normalnya, kita akan menyadari mempunyai kadar kolesterol yang tinggi jika hasil pemeriksaan darah menunjukkan hal tersebut. Tetapi sebenarnya hal tersebut dapat terlihat melalui kondisi kulit yang terdapat gumpalan berwarna merah kekuningan atau disebut juga dengan xanthomas.

Xanthomas bervariasi ukurannya & dapat ditemui di seluruh tubuh termasuk di persendian, tangan & lipatan mata (meskipun tidak semua xanthomas di lipatan mata disebabkan oleh kolesterol yang tinggi). Xanthomas cenderung terjadi pada orang lanjut usia & mereka yang menderita penyakit diabetes atau masalah kesehatan lain.

Xanthomas juga lebih mudah terlihat pada penderita familial hypercholesterolemia yang bahkan dapat ditemukan sejak masih bayi.

4. Kadar kolesterol dapat menjadi terlalu sedikit

Semua orang tahu bahwa kadar kolesterol yang tinggi tidak baik, tetapi ternyata kadar kolesterol yang sangat rendah juga tidak baik bagi kesehatan. Para ahli merekomendasikan sebaiknya kadr kolesterol dijaga untuk selalu < 200 mg/dl, yang merupakan kadar kolesterol rata-rata untuk orang dewasa. Tetapi kadar koleterol yang < 160 mg/dl atau disebut dengan kolesterol rendah ternyata dihubungkan dengan resiko kesehatan termasuk kanker.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang mempunyai kadar kolesterol yang rendah lebih sering untuk melahirkan secara premature. Kadar kolesterol total & LDL yang rendah juga telah dihubungkan dengan terjadinya kecemasan & depresi.

5. Latihan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik

Dokter biasanya menyarankan olahraga sebagai perubahan gaya hidup yang dapat membantu menurunkan kolesterol secara alami. Tetapi penelitian terbaru di Journal of Lipid Research menyebutkan bahwa olahraga dapat mempengaruhi kolesterol secara berbeda tergantung dari jenis kelamin & etniknya.

Diantara para sukarelawan yang terlibat dalam penelitian tersebut, yang telah diamati selama 9 tahun, aktifitas fisik yang setara dengan 1 jam latihan ringan atau ½ jam latihan sedang / minggu dihubungkan dengan kenaikan kadar HDL atau biasa disebut juga dengan kolesterol baik pada setiap grup.

Tetapi kadar LDL hanya berkirang pada wanita & kadar kolesterol total hanya berkurang pada wanita etnik afrika-amerika.

6. Makanan yang bebas kolesterol masih dapat meningkatkan kadar kolesterol

Hati-hati terhadap makanan yang di klaim bebas kolesterol. Kolesterol dibuat di dalam hati hewan/manusia dan hanya ditemukan pada makanan yang berasal dari hewan seperti daging, susu & telur. Beberapa produk banyak yang menyebutkan bahwa mereka mengandung sedikit atau bebas kolesterol, tetapi bukan berarti produk tersebut baik untuk kadar kolesterol kita.
Banyak makanan yang digoreng & dipanggang mengandung bahan lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Lemak trans paling umum dalam bentuk partially hydrogenated vegetable oils, lemak trans ini bersama dengan lemak jenuh merupakan penyebab utama kolesterol dari makanan, tetapi dalam label tidak akan disebutkan sebagai kolesterol.

7. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan disfungsi ereksi

Penelitian yang dilakukan di Swedia pada tahun 2005 menemukan bahwa pria yang mempunyai kadar kolesterol total > 270 mg/dl mempunyai 4 ½ kali kemungkinan lebih besar untuk menderita kanker testis dibandingkan pria yang mempunyai kadar kolesterol < 220 mg/dl ( meskipun peneliti tersebut menyebutkan bahwa kaitan antara 2 kondisi tersebut dapat juga disebabkan oleh faktor lain).

Selain itu, kadar kolesterol yang tinggi juga telah dikaitkan dengan resiko yang lebih besar untuk menderita disfungsi ereksi, gagal ginjal & penyakit Alzheimer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar