Minggu, 07 Maret 2010

Pendidikan Sekolah Untuk Anak ADHD Sekolah & anak dengan ADHD

Bagaimana sekolah dapat membantu anak saya penderita ADHD ?
Sekolah dapat bekerja sama dengan keluarga dan para dokter untuk membantu anak ADHD di sekolah. Komunikasi terbuka antara orangtua dan staf sekolah dapat merupakan kunci keberhasilan anak. Para guru seringkali merupakan pihak yang pertama dalam mengenali perilaku seperti ADHD serta dapat memberikan informasi yang berguna kepada orangtua, penanggung-jawab, dan dokter yang dapat membantu diagnosa dan pengobatan.
Para guru dan orangtua juga dapat bekerja-sama untuk pemecahan masalah dan merencanakan cara-cara untuk membantu pelajaran anak baik di rumah maupun di sekolah.

“Menemukan bahwa anak kami menderita ADHD menjawab banyak pertanyaan mengapa ia tidak menunjukkan kinerja yang lebih baik disekolah” - orangtua dengan anak ADHD
____________________________________________________________________________________________

Bagaimana ADHD mempengaruhi kemampuan anak untuk menjalin persahabatan ?
Anak-anak dengan ADHD sering mengalami kesulitan dalam hubungan sosial, yang dapat mengakibatkan konflik dengan anggota keluarga atau penolakan oleh anak-anak lain seusianya. Kekurangan dalam kemampuan sosial dikombinasi dengan tingkah laku hiperaktif, impulsif, dan kurang perhatian dapat menyebabkan anak dengan ADHD bertindak dengan cara yang dianggap tidak ramah, suka memerintah, kasar, tidak berpikir, atau aneh. Tambahan pula, anak dengan ADHD, seperti anak cacad lain, lebih sering menjadi sasaran untuk diperolokkan.

Obat-obatan untuk ADHD dapat memberikan efek positif terhadap tingkah laku sosial dan memperbaiki cara anak berhubungan dengan sesama.
Sebagai contoh, mereka mungkin lebih mampu untuk menunggu gilirannya dalam suatu permainan atau pembicaraan atau mengurangi komentar yang tidak dipikirkan terlebih dahulu.

Apakah anak saya perlu obat selama di luar sekolah ?
Gejala ADHD biasanya menetap pada anak anda – di sekolah, dan selama bermain, juga di rumah. Kebanyakan dokter menyarankan agar anak tetap menggunakan obat selama anak sadar/bangun, terutama apabila gejala ADHD menyebabkan ketegangan pada situasi diluar sekolah. Tidak makan obat ADHD dapat menimbulkan risiko bagi anak anda. Anak berusia muda berisiko untuk terluka dan mendapatkan masalah sosial bila tidak makan obat ADHD, sedangkan remaja lebih berisiko untuk kecelakaan kendaraan bermotor dan kelakuan berisiko lainnya.

Ada kemungkinan dokter anak anda menyarankan untuk memberikan istirahat makan obat pada waktu tertentu, seperti saat keluar sekolah, untuk mengurangi efek samping. Penting bagi anda dan anak anda untuk waspada bahwa gejala-gejala ADHD dapat timbul kembali bila obat dihentikan.


Strategi Untuk Anak di Rumah dan Sekolah

- Mempunyai rutinitas yang sama tiap hari
- Mengatur kegiatan harian
- Gunakan jadwal untuk pekerjaan rumah
- Pertahankan aturan secara konsisten dan berimbang.
____________________________________________________________________________________________


Bagaimana masa depan anak dengan ADHD ?
Dahulu dianggap bahwa kebanyakan anak-anak akan bertumbuh dan mengatasi ADHD setelah masa remajanya. Sekarang kita mengerti bahwa hal ini tidak benar. Meskipun sejumlah gejala ADHD dapat menghilang dengan berjalannya waktu11, dan sejumlah anak dapat tumbuh mengatasi penyakitnya, kebanyakan anak dengan ADHD akan tetap mengalami beberapa gejala ADHD selama tahun-tahun kemudian kehidupannya5.

Untuk sejumlah orang, ADHD merupakan kondisi seumur hidup. Hampir 50 persen anak-anak dengan ADHD tetap mempunyai gejala-gejala yang perlu diobati setelah dewasa5. Diagnosa dini dapat membantu individu ini untuk belajar bagaimana mengelola gejala-gejalanya dan berhasil dalam kehidupan.

____________________________________________________________________________________________
“Sejak saya mulai dengan pengobatan ADHD, saya mendapatkan perspektif untuk menengok kembali hidup saya dan melihat mengapa beberapa hal yang saya lakukan telah gagal” - dewasa dengan ADHD.
____________________________________________________________________________________________

Untuk informasi lebih lanjut tentang petunjuk pengobatan FDA, dapat dilihat di http://www.fda.gov/cder/drug/infopage/ADHD/default.htm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar